Thursday, January 1, 2015

Obyyek Wisata Kertagosa Klungkung - Bali

nyamenusanet.blogspot.com - Kertagosa salah satu objek wisata yang terletak di tengah - tengah Kota Kabupaten Klungkung, Bali, kira-kira 40 km ke arah timur dari Denpasar. Kertagosa merupakan tempat pembahasan segala sesuatu bertalian atau berkaitan dengan situasi keamanan, kemakmuran serta keadilan wilayah kerajaan berpusat di Gelgel. Wisatawan saat liburan dan ingin menikmati peninggalan sejarah jaman jayanya kerajaan Waturenggong, cobalah berkunjung dan tour ke sini, anda bisa juga sewa Motor , kalau dari bandara ambil jurusan ke Timur lewat jalan Ida Bagus Mantra, belok ke Utara menuju pusat kota.
Objek wisata Kertagosa terdiri dari dua buah bangunan (bale) yaitu Bale Kerta Gosa dan Bale Kambang. Disebut Bale Kambang karena bangunan ini dikelilingi kolam yaitu Taman Gili. Keunikan Kerta Gosa juga bangunan Bale Kambang ini adalah pada permukan plafon atau langit-langit bale ini dihiasi lukisan tradisional (gaya wayang). Fungsi dari kedua bangunan terkait erat dengan fungsi pendidikan lewat lukisan-lukisan wayang, kisahnya dipaparkan pada langit-langit bangunan. Cerita dalam lukisan tersebut adalah berisi tentang Tantri kemudian tentang cerita Bima Swarga yang banyak sekali memperlihatkan ajaran mengenai hukum karma phala, serta cerita tentang penitisan kembali (reinkarnasi) ke dunia karena perbuatan dan dosa-dosanya.

Gapura Kertagosa - sebuah gapura bersejarah saat jaman kerajaan Gelgel di Kelungkung. Posisi Kerthagosa terletak di tengah-tengah kota, sehingga mudah untuk di kunjungi. Biasanya kunjungan ke sini saat perjalanan ke Besakih atau ke Goalawah
Gapura Kerta Gosa Klungkung - Bali

Daya tarik dari balai Kerta Gosa ini adalah terletak pada langit-langit bangunan terdapat lukisan-lukisan wayang, memiliki cerita tentang kehidupan sehari-hari, wejangan/ petuah, hukum karma phala, ramalan gempa dan filsafat hidup. Disamping balai Kerta Gosa terdapat banguan dikelilingi oleh kolam bernama Taman Gili.

kertagosa - taman indah dengan bangunan yang memiliki nilai historis, terdapat berbagai lukisan wayang kamasan di bagian langit-langit bangunan yang menceritakan dan berisi kisah mahabrata, sutasoma dan ni diah tantri
Kerta Gosa Klungkung - Bali
Jadi yang mendominasi cerita pada atap bale ini adalah tentang perbuatan kharma pala sehingga bale ini pada waktu kerajaan dulu difungsikan untuk pengadilan. Tak kalah  menarik kursi peninggalan jaman kerajaan, sudah sempat direnovasi masih tertata rapih seperti bagaimana posisinya pada jaman kerajaan dulu.
Suasana kerajaan sangat terasa di tempat ini, semua tertata rapi dan bersih. Tentunya kepedulian Pemda setempat untuk merawat salah satu tempat yang bersejarah di pulau Bali.
Lukisan-lukisan wayang yang ada berada di langit-langi bangunan Kertagosa adalah merupakan hasil karya seni klasik gaya Kamasan, bahkan sampai sekarang desa Kamasan masih melestarikan gaya seni lukis tradisional ini. Desa tersebut terletak 4 km sebelah Selatan kota Smarapura ini, perkembangan seni lukisnya memang diakui serta dicintai oleh raja Waturenggong yang memerintah Gelgel pada saat itu, sehingga warisan seni lukis dari jaman kerajaan tersebut masih bisa kita temukan di Kertagosa. Sebagai warisan budaya.
Pulau Dewata ini seperti mutiara kecil, memancarkan aura sinar begitu mempuni menarik minat para wisatawan untuk tidak bosan-bosannya mengeksplorasinya. Sebagai tavel agent selain berkomitmen memberikan layanan lengkap, kami juga menyediakan beragam tiket seperti watersport terletak di Tanjung Benoa, adventure atau petualangan seperti arung jeram serta lazim disebut rafting lokasinya ada di Sungai Telaga Waja dan Ayung, tersedia juga voucher cruie untuk Bali Hai dan Quicksilver,  Odyssey Submarine, sedangkan untur tournya tersedia dari setengah hari, seharian penuh dan juga untuk beberapa hari sampai 6 hari 
Dan untuk melengkapi pengetahuan anda mengenai tempat-tempat menarik sebelum berlibur ke pulau Dewata, maka silahkan baca informasi objek wisata di Bali.
Berkunjung ke Pualu Dewata Bali jangan lupa menggunakan jasa kami Penyewaan Sepeda Motor termurah, mudah dan efektif di Bali. Datang ke Bali ingat www.nyamenusanet.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan