Tuesday, October 6, 2015

Lomba Perahu Layar Mini Tunjukan Budaya Bahari Nusa Penida

nyamenusanet.blogspot.com - Diikuti 62 orang peserta, lomba perahu layar mini diselenggarakan di depan panggung Nusa Penida Festival 2015 dekat jembatan Kuningan Lembongan Ceningan (4/10/2015). Lomba perahu layar mini diselenggarakan setelah lomba megolok sampan usai. Lomba perahu layar mini juga dilepas Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.

Banyaknya animo peserta lomba perahu layar mini menunjukkan budaya bahari Nusa Penida yang berkembang sejak dulu. Hoby mengkoleksi perahu layar mini kian hari semakin banyak. Bahkan perahu layar yang sering menang lomba dihargai sampai Rp. 3 juta rupiah perbuah.

Lomba perahu layar mini diikuti peserta dari masyarakat Nusa penida Gede dan Lembongan. Para peserta dari Nusa Penida Gede diseberangkan khusus dengan perahu yang disediakan panitia. Panitia menyediakan hadiah untuk juara 1 sejumlah 2.5 juta, Juara 2 Rp. 2 juta rupiah, Juara 3 Rp. 1.5 Juta dan Juara 4 Rp. 1 Juta.

Selain hadiah itu disediakan hadiah hiburan masing-masing Rp. 300 ribu rupiah. Teknis perlombaan siapa yang paling awal masuk gawang, ia yang dikukuhkan panitia sebagai menang. Gawang yang dimaksud adalah dua buah bendera yang ditancapkan ditengah laut.

Bentuk perahu layar mini dirancang seperti perahu layar untuk menangkap ikan oleh nelayan. Ukurannya kurang dari 1 meter, layarnya menggunakan plastik. Saat di lepas, perahu layar di beri tali seperti layang-layang dipegang oleh pemilik. Menuju finish yang telah disiapkan panitia.
sumber : http://sukadanawayan.blogspot.co.id/2015/10/lomba-perahu-layar-mini-tunjukan-budaya.html

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan