Monday, May 2, 2016

City Tour Semarapura Tindak Lanjut dari Festival Semarapura 2016



Pemerintah Kabupaten Klungkung melaunching paket wisata City Tour Jumat, 29/4/2016 bersamaan dengan rangkaian acara Festival Semarapura 2016, HUT Puputan Klungkung 108, HUT Kota Semarapura 24, Pameran dagang dan Job Fair.
Paket tour Wisata dalam kota semarapura ini meliputi Monumen Puputan Klungkung, Puri Agung Klungkung, Museum Semarajaya, Kerta Gosa dan Pasar Seni Klungkung. Sejumlah pembangunan telah dilakukan untuk mendukung City Tour Semarapura.
Diantaranya penataan taman dan air mancur Monumen Puputan Klungkung dan membuat jalan tembus dari Pasar Seni Klungkung menuju Pasar Senggol yang akan digunakan parkir bus.
Terkait rencana lanjutan untuk memantapkan paket City Tour Semarapura, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta sudah membuat sejumlah perencanaan.
“Di Depan Puri Agung Semarapura akan dibangun patung I Dewa Agung Jambe. Untuk lapangan Puputan Klungkung akan dibuat taman rare untuk anak-anak, taman lingsir untuk para lansia, taman untuk anak muda yang ada wifi gratis”.
“Di Balai Budaya Klungkung akan ditempatkan 2 perangkat gong yang akan dipergunakan untuk latihan menari dari para siswa yang akan dijadwalkan secara rutin. Di depan Pemedal Agung sedang dibangun tempat meditasi".
"Sementara itu Pasar Seni Klungkung yang kini masih kumuh akan dirancang menjadi pasar seni yang modern”, jelas Bupati Klungkung di depan tamu undangan City Tour dari ASITA dan Himpunan Pramuwisata Indonesia 29/4/2016.
Bupati juga menambahkan di belakang Monumen Puputan Klungkung atau di depan Pura Jagat Natha sedang dibangun tempat Kuliner, demikian pula I Nyoman Suwirta bocorkan rencananya sedang membuat khas oleh-oleh Klungkung. “Selain itu kita sedang membuat bangunan untuk wisata kuliner dan oleh khas Klungkung. Sehingga dampak wisata City Tour mampu meningkatkan ekonomi masyarakat”, jelasnya.
Sedangkan untuk mempromosikan paket City Tour Semarapura ini panitia Festival Semarapura 2016 mengundang ASITA Bali, HPI Bali, para penulis online, Videografer dan cameramen pada 29 April dan 30 April 2016. Rosaliana salah satu peserta City Tour dari observasi pariwisata yang lama tinggal di Amerika menyarankan Pemerintah Kabupaten Klungkung agar menggunakan teknologi informasi melalui internet sebagai cara berpromosi secara efektif.
“Kini para travelers banyak menggunakan media online untuk mencari informasi untuk berlibur. Pesan ticket dan paket wisata pun langsung dari internet. Banyak travelers Independen sekarang. Ke depannya jumlah ini akan terus meningkat. Untuk itu pemerintah Klungkung saya harapkan bisa mempergunakan media online secara efektif'.
'Saya siap memfasilitasi dengan New York Times Travels untuk berpromosi, karena mereka adalah majalah wisata terbesar di dunia yang menjadi referensi para pelancong”, Saran Rosaliana peserta City Tour dari media online 30/4/2016.
Menanggapi hal itu Kadisbudpar I Wayan Sujana akan mengupayakan usulan dari Rosaliana tersebut. “Tentu kami ke depan akan bekerjasama kepada semua pihak termasuk para media online untuk mempromosikan pariwisata Klungkung. Promosi pariwisata Nusa Penida , City Tour Semarapura dan desa-desa Wisata. Selama ini pun kami sudah melakukannya, kedepan akan lebih ditingkatkan”, Jawab I Wayan Sujana 30/4/2016.


No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan